BP

Java - Pengenalan

Pengenalan bahasa pemrograman Java

]

Java - Dasar

Java merupakan sebuah bahasa pemrograman yang populer dikalangan para akademisi dan praktisi komputer. Java dikembangkan pertama kali oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems pada tahun 1990-an, saat ini menjadi bagian dari Oracle, dan dirilis pada tahun 1995. Java pertama kali dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan akan sebuah bahasa komputer yang ditulis satu kali dan dapat dijalankan dibanyak sistem komputer yang berbeda tanpa melakukan perubahan kode atau istilahnya Multi-Platform, bahasa Java merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek (PBO) atau Object-Oriented Programming (OOP), yang diturunkan dari C++ dengan banyak penyempurnaan. Pada umumnya, para pakar pemrograman berpendapat, bahwa bahasa Java memiliki konsep yang konsisten dengan teori pemrograman objek dan aman untuk digunakan.

Karakteristik Java

Seperti yang dikatakan Sun Microsystems, Java memiliki karakteristik sebagai berikut:
  • Sederhana: Sintaksnya mirip C++, tapi beberapa sintaks telah di perbaharui termasuk menghilangkan pointer yang rumit.
  • Object Oriented: Program java dapat dibuat secara modular dan dapat dipergunakan kembali.
  • Dapat Didistribusikan dengan mudah
  • Interpreter: Program Java dijalankan menggunakan Interpreter yaitu JVM yang menyebabkan kompilasi source code Java dapat dijalankan pada platform (platform adalah sebuah sistem komputer yang mendasari program aplikasi dapat berjalan di sebuah komputer) yang berbeda.
  • Robust: Reliabilitas Java tinggi, compilernya lebih teliti mendeteksi error daripada bahasa pemrograman lain, dan Java memiliki runtime Exception handling untuk membantu mengatasi error pemrograman.
  • Aman: Aplikasi java memiliki mekanisme keamanan untuk menjaga aplikasi tidak untuk merusak sistem komputer yang menjalankan aplikasi tersebut.
  • Architecture Neutral: program Java merupakan patform independent. Program cukup membunyai satu versi yang dapat dijalankan pada platform yang berbeda dengan JVM
  • Portabel: Tanpa dikompulasi ulang program java dapat digunakan ke platform yang berbeda-beda
  • Perfomance: Performancenya sering dikatakan kurang tinggi namun dapat ditingkatkan menggunakan kompilasi java lain seperti buatan Inprise, Microsoft, Symantec yang menggunakan Just In Time Compilers (JIT).
  • Multithreaded: Java memiliki kemampuan untuk membuat suatu program yang dapat melakukan beberapa pekerjaan secara sekaligus dan simultan.
  • Dinamis: Perubahan dalam suatu Class dengan menambahkan properties ataupun method dapat dilakukan tanpa mengganggu program class tersebut.

Fitur-fitur pada Java

Java Virtual Machine (JVM)

Java virtual machine merupakan mesin imajiner (imaginary machine) yang diimplementasikan oleh software emulasi diatas mesin nyata. Selain itu JVM juga menyediakan spesifikasi platform hardware untuk yang mana kita melakukan compile semua kode teknologi Java. Hasil compile dari program Java akan menghasilkan bytcode yang merupakan bahasa mesin khusus yang dapat dimengerti oleh Java Virtual Machine. Bytcode yang dihasilkan ini bersifat independen, jadi setiap komputer yang terpasang Java interpreter dapat mengeksekusi program Java yang sudah di-compile, tidak peduli apa tipe komputer yang digunakan untuk meng-compile program tersebut.

Garbage Collection

Banyak bahasa pemrogaman lain yang mengijinkan seorang programmer mengalokasikan memori pada saat dijalankan. Namun, setelah menggunakan alokasi memori tersebut, harus terdapat cara untuk menempatkan kembali blok memori tersebut supaya program lain dapat menggunakannya. Dalam C, C++ dan bahasa lainnya, adalah programmer yang mutlak bertanggung jawab akan hal ini. Hal ini dapat menyulitkan bilamana programmer tersebut lupa untuk mengembalikan blok memori sehingga menyebabkan situasi yang dikenal dengan nama memory leaks. Program Java melakukan garbage collection yang berarti program tidak perlu menghapus sendiri objek objek yang tidak digunakan lagi. Fasilitas ini mengurangi beban pengelolaan memori oleh programmer dan mengurangi atau mengeliminasi sumber kesalahan terbesar yang terdapat pada bahasa yang memungkinkan alokasi dinamis.

Code Security

Code Security terimplementasi pada Java melalui penggunaan Java runtime environment (JRE). Java menggunakan model pengamanan 3 lapis untuk melindungi sistem dari untrusted Java code.
  • class-loader menangani pemuatan kelas Java ke runtime interpreter. Proses ini menyediakan pengamanan dengan memisahkan kelas–kelas yang berasal dari local disk dengan kelas–kelas yang diambil dari jaringan. Hal ini membatasi aplikasi Trojan karena kelas–kelas yang berasal dari local disk yang dimuat terlebih dahulu.
  • bytecode verifier membaca bytecode sebelum dijalankan dan menjamin bytecode memenuhi aturan–aturan dasar bahasa Java.
  • dan menambahkan manajemen keamanan menangani keamanan tingkat aplikasi dengan mengendalikan apakah program berhak mengakses sumber daya seperti sistem file, port jaringan, proses eksternal dan sistem windowing.

Java juga menyediakan beragam teknik pengamanan lain :

  • Bahasa dirancang untuk mempersulit eksekusi kode perusak. Peniadaan pointer merupakan langkah besar pengamanan. Java tidak mengenal operasi pointer. Di tangan programmer handal, operasi pointer merupakan hal yang luar biasa untuk optimasi dan pembuatan program yang efisien serta mengagumkan. Namun mode ini dapat menjadi petaka di hadapan programmer jahat. Pointer merupakan sarana luar biasa untuk pengaksesan tak diotorisasi. Dengan peniadaan operasi pointer, Java dapat menjadi bahasa yang lebih aman.
  • Java memiliki beberapa pengaman terhadap applet. Untuk mencegah program bertindak mengganggu media penyimpanan, maka applet tidak diperbolehkan melakukan open, read ataupun write terhadap berkas secara sembarangan. Karena Java applet dapat membuka jendela browser yang baru, maka jendela mempunyai logo Java dan teks identifikasi terhadap jendela yang dibuka. Hal ini mencegah jendela pop-up menipu sebagai permintaan keterangan username dan password.

Tools/perangkat yang dibutuhkan

  • JDK (Java Development Kit)
  • Text editor
JDK: adalah perangkat yang digunakan untuk membangun dan mengembangkan program dari bahasa Java, jadi JDK ini berguna untuk programmer yang akan membangun program/aplikasi dari bahasa pemrograman Java. Berikut ini perangkat yang ada di dalam sebuah JDK: Development tools, Java runtime environment (JRE), Library, Java DB (Java relational database), demo aplikasi dan applet, serta contoh - contoh program. Text editor: adalah sebuah software atau program komputer yang memungkinkan pengguna untuk membuat atau mengedit file text, juga dapat digunakan untuk membuat program, yang digunakan untuk menuliskan source code atau perintah - perintah bahasa pemrograman.

Contoh software text editor: Notepad, Notepad++, Sublime text, dll.

Sebenarnya ada banyak code editor yang khusus digunakan untuk bahasa Java yang dinamakan Java Development IDE. Tapi untuk pemula yang baru mulai belajar bahasa Java disarankan untuk menggunakan text editor seperti: Notepad++, Sublime text atau bisa disesuaikan.

Mengenal Java Development IDE (Integrated Development Environment)

IDE adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk membuat dan mengembangkan sebuah perangkat lunak, fungsi dari sebuah IDE adalah untuk mempermudah dan mempercepat dalam pembuatan perangkat lunak.

Beberapa Java IDE yang populer:

No comments:

Post a Comment